26 Feb 2015

badminton lovers atau badminton WOTA?

badminton lovers?
ohh i see.... badminton lovers sudah pasti mereka adalah sekumpulan / beberapa orang yang menggilai olahraga tepok bulu angsa itu bukan? yeah, exactly!



so, badminton WOTA?
WOTA itu bukankah orang yang memiliki ketertarikan dengan idol group 48 family seperti AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, JKT48 atau SNH48? so, kenapa badminton WOTA? apakah mereka pecinta badminton dan penggemar 48 family juga?



eehhmm.. wait a minute! dibawah ini, blogger akan mengupas satu satu tentang apa itu badminton lovers dan apa itu badminton WOTA.

sejatinya, badminton lovers itu sendiri memang merupakan panggilan atau julukan khusus untuk mereka yang hobi, menyukai olahraga tepok bulu ini, baik dari aspek segi permainannya maupun pemainnya. para pecinta olahraga ini biasanya sangat antusias dengan olahraga ini. tak jarang diantara mereka, ada pula yang rela menonton langsung turnamen badminton di GOR untuk mendukung langsung pemain favorit mereka yang sedang bertanding. tak hanya itu, ada pula diantara mereka yang karena kondisinya tidak memungkinkan untuk menonton langsung memilih untuk live streaming via internet ataupun live score. tak cuma sampai disitu saja, biasanya para badminton lovers juga suka membeli merchandise atau hal hal yang berbau badminton, sebut saja seperti raket, tas raket, jersey, dan banyak lagi. dan para fans ini juga biasanya berambisi untuk menonton langsung turnamen dan tak jarang untuk berfoto bersama dengan para pemain (*note: itupun jika dewi fortuna berpihak pada mereka). mereka rela untuk melakukan apa saja demi menyalurkan hobi dan kecintaan mereka terhadap olahraga populer satu ini.

setidaknya, itu sedikit gambaran universal tentang definisi badminton lovers itu sendiri. lalu sekarang, apa itu badminton WOTA?

sebelum membahas hal satu ini, kita perlu untuk mengetahui apa itu WOTA dalam artian yang sebenarnya. WOTA merupakan kata dalam bahasa jepang (ヲタ "oota") merupakan kependekan dari kata "otaku" (オタク). WOTA atau secara universal kita sebut Otaku(オ タク)dulu itu konotasi-nya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang tidak pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク)(dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ)(dibaca “Oota).
Definisi Otaku adalah “orang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobby-nya”.
Disitu juga di sebutkan bahwa otaku adalah subculture yang umumnya mengarah pada penggemar anime dan manga, tapi walaupun begitu ada juga berbagai jenis otaku yang lain, tergantung bidang apa yang mereka dalami. Contohnya adalah Manga wota, Seiyuu(voice actress) wota, Idol wota, Maid wota, Figure wota, Anime wota, sport wota dll. jadi WOTA itu sendiri merujuk kepada seseorang yang menggemari suatu objek tertentu. jadi pembaca disini sudah memiliki gambaran bukan sekarang tentang apa itu WOTA?

lalu, dimana letak perbedaannya?
uhhmmm well... sebenarnya tak ada perbedaan ciri apapun dari dua kalimat diatas. apapun itu sebutannya apakah badminton lovers atau badminton WOTA menurut blogger pribadi adalah SAMA. karena sejatinya dua kalimat diatas merujuk pada arti yang sama bukan ----> seseorang yang mengidolakan atau mencintai hobby-nya. terlepas dari perbedaan masing masing kalimat diatas adalah hanya dari segi pengucapannya saja. kita sudah pasti lebih familiar (*terutama bagi para pecinta olahraga tepok bulu) dengan sebutan badminton lovers daripada badminton wota karena lagi lagi, penggunaan kata-nya (*dalam hal ini kata "lovers") jauh lebih umum diucapkan dan dipakai dan mudah dimengerti oleh orang awam daripada penggunaan kata "WOTA" yang merupakan kalimat dalam bahasa negara tertentu (*dalam hal ini negara jepang) yang tidak semua orang awam mengerti akan arti dari kalimat itu sesungguhnya.jadi, WOTA itu sendiri sebetulnya bukanlah sebutan untuk fans 48 family yang kita tau sekarang sekarang ini saja. ini kutipan dari salah satu member idol group yang meluruskan tentang apa itu wota

definisi WOTA menurut salah satu member idol group ternama indonesia


jadi intinya, dalam postingan kali ini, blogger bukan bermaksud untuk membanding-bandingkan antara BL (*badminton lovers) dengan WOTA (*yg biasanya di indonesia saat ini lebih familiar untuk sebutan fans salah satu idol group). artikel ini hanya untuk sarana jawaban atas pertanyaan teman blogger yang bertanya apakah badminton lovers atau badminton WOTA itu sama atau tidak. semoga dari penjelasan diatas, dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian ya :) apapun sebutan orang terhadap kalian baik itu BL (*badminton lovers) ataupun badminton WOTA, they're same. keep sharing guys. jika ada yang kurang berkenan bisa langsung tulis dikomentar. salam BL! :)


source article :



jakarta, 26 februari 2015
article by amelia ulfa

Tidak ada komentar: