18 Sep 2013

rahasia alam ghaib


Title       : rahasia alam ghaib
Author  : amelia setsuna shan aka. Amelia ulfa
Cast       : tontowi ahmad as towi
Frans kurniawan as frans
Liliyana natsir as lian.
Genre   : horor, comedy

@jogja, Sunday, may 24th 2012.
“eh guys, lo pada percaya gak sih kalo di pantai selatan ada nyi roro kidul? Katanya kalo ke sana pakai baju ijo bakalan diculik sama si nyai.” Jawab frans yang mulai mancing kekepoan sahabatnya buat bicarain horor.

“aallllaaaahhh.... palingan tuh si nyai bekas bandit dulunya. Masa’ iya sih seorang, eeh... seorang, seekor, sebiji atau.. yaaa... gitulah pokoknya, bisa nyulik manusia?? Ada-ada aja.” Jawab towi yang masih asik dengerin lagu-lagu raggae lewat ipod nano-nya.

“emang lo mau ngebuktiin frans?” daripada ke pantai selatan, mending ke taman lawang eehh... salah, ke lawang sewu aja, uji nyali mulai dari jam 12 malem sampe jam 3 pagi. Mau gak?” tantang lian yang nguji keberanian frans.

“ookkeehh... no problem be happy. Kalo Cuma uji nyali di lawang doang mah cipiilll... palingan juga hantu bancay rempong ngondek yang muncul.” Jawab frans santai.

“wwooyy... lawang sewu bro, bukan taman lawang!!” jawab lian dan towi berbarengan.

“ooohhh... bilang dong, lawang sewu! Gue kan salah tangkep kalo lo Cuma bilang lawang doang.” Jawab frans dengan tampang watados-nya yang bikin siapapun pengen ngegaplok kepalanya yang persis kayak permen kojek.
....................................


Lian’s pov :
Gue gak pernah nyangka selama ini gue bergaul sama seorang frans yang begitu freak kuadrat sama yang namanya horor. Tapi kalo gak begitu, bukan TOLIRAN namanya. Gue, frans dan towi adalah 3 anak manusia yang dicap “horor freakers” sama orang-orang. Gue bakalan kenalin sama kalian anggota TOLIRAN. Yang pertama adalah gue, lian, gue mahasiswi semester 4 jurusan sejarah yang sejak kecil paling suka sama hal-hal horor. Mulai dari koleksi film horor dari berbagai negara, sampai alat-alat mistis penuh kekuatan magis yang biasa gue beli di dukun-dukun terdekat. Yang kedua, ini seorang cowok mahasiswa arkeologi yang juga duduk di semester 4. Dia salah satu orang paling freak yang pernah gue kenal, namanya frans yang punya cita-cita bisa ngebongkar makam raja ramses IV dan menguak harta karun yang tersimpan di pyramida di giza, mesir. Dan yang terakhir, manusia paling cadas bin cacad akar kuadrat yang oon-nya gak ketulungan, namanya towi , mahasiswa jurusan fotografi dan sinematografi yang punya cita-cita bisa punya stasiun TV yang “full of horror”. Yang dimana stasiun TV tersebut bakalan dia isi dengan acara-acara horor full 24 jam nonstop. Bicara tentang kelakuan cacad towi, dia punya kisah naas disuatu malam jumat, dimana semua orang sedang bergumul lagi sunnah rosul(?) dirumah masing-masing, towi yang baru aja selesai nonton video renungan “Siksa kubur” seperti orang yang baru dapet wangsit. Malam itu juga, dia memutuskan buat ngebuktiin kalo doi bisa bikin video yang sama dengan ngacir ke pemakaman TPU yang gak jauh dari tempat kost kita ber-3. Dengan berpakaian ala’ penggali kubur, kaos putih lusuh kucel bekas tanah merah, sarung lusuh yang diselempangin di pundak kirinya persis kayak boneka unyil, plus cangkul dan senter 5 watt dikedua tangannya. Namun apes, mungkin doi lupa ngucapin salam atau si yang empunya lapak kubur kagak redho’ kalo lapaknya diganggu sama seorang curut model towi, akhirnya bukan video siksa kubur yang didapat, tapi malah kesurupan yang datang. Ok, beralih lagi ke gue, bicara tentang horror, gue punya pengalaman goblok dimana pada suatu malam jumat kliwon, gue, frans, sama towi main jalangkung dikamar kost gue. Tapi gue malam itu apes kuadrat. Gue salah baca mantra, yang akhirnya gue sendiri yang kerasukan arwah jelangkung. Kira-kira begini kejadiannya ;

@flash back, kliwon Friday night, 23.00 WIB.
“braayy... gimana, dah siap belom?” tanya gue yang udah gak sabar mau uji coba manggil jelangkung.

“tenang mbakbraayy... udah siap neh, tapi sorry ya yan, kita berdua gak punya kain putih, terpaksa deh pake tissue toilet, gakpapa kan?” tanya towi dan frans yang sambil membuat replika boneka jelangkung dari centong air batok kelapa dan sisa-sisa tongkat bendera semaphore yang benderanya udah dijait jadi kancut 2 warna kuning dan merah hasil mahakarya towi yang kekurangan stok kancut. Dengan bantuan se-ember air mawar yang udah dicampur sama kembang 7 rupa, 7 warna, akhirnya, ritual pun segera dimulai. Kebetulan gue yang diberi kepercayaan untuk baca mantra untuk manggil arwah jelangkung tersebut. Tapi sial, karena sok kepedean, gue jadi salah baca mantra. Jadi beginilah mantranya ;

jelangkung, jelangkung, disini ada pesta, pestanya meriah. Datang tak diundang, pulang tak berkutang”

Hening!! Gak ada reaksi apapun. Namun tiba-tiba, frans berkata lirih sekali “li, lo tuh bego banget sih?? Lo salah baca mantra.”

Entah mengapa tiba-tiba, gue langsung histeris jerit-jeritan gak karuan sambil memaki kedua temen gue. Dan ternyata... yeeppss... gue kerasukan arwah jelangkung yang ngedumel karena gue salah baca mantra. Si arwah purik 3 hari 3 malem ditubuh gue.

“wooiii.... bego lo semua, temen lo gak diajarin baca mantra yang bener apa?? Masa’ arwah ketjeh badaiii seduniaaakk kayak gue datang tak diundang, pulang tak berkutang. Gak kece’ ahh...” jawab gue yang udah dikendalikan oleh arwah jelangkung yang purik ditubuh gue.

“yaahh... ampuunn bang, ini salah boss kita. Yaudah bang, ente mau minta apa sebagai ganti rugi?” jawab towi yang rada takut kalau si arwah yang purik yang sedang bersemayam di tubuh gue makin tambah purik.

“gue mau lo ber-2, supaya gue bisa keluar dari tubuh temen lo ini, malam ini beliin gue martabak 5 telor bebek, besok malem, lo beliin gue double dutch, dan dimalam terakhir beliin gue bakpia pathok rasa keju 10 kotak, baru gue bakalan pergi dari tubuh temen lo ini”.

“nje mas, sing sabar ae yoo... kita uwwiiiss beli martabak dulu.” Jawab frans yang mau gak mau harus menuruti semua keinginan si arwah jelangkung yang purik.
@flash back end....
....................................

“gimana?? Jadi gak malam ini ke lawang??” tanya towi yang udah mulai siap-siap bawa handycam dan tripod-nya.

“pasti-lah braayy... eh ngomong-ngomong, lian nang endi toh wi?? Kok dari tadi ndak keliatan?? Jangan, jangan... doi takut lagi diajak uji nyali di lawang.” Jawab frans yang sedang menerka-nerka apa yang terjadi pada lian.

don’t worry-lah masbraayy... palingan si lian lagi renang di paris alias parangtritis buat pamer bikini barunya sambil ngecengin lanang-lanang bule.” Jawab towi santai.

“hahaha, gila ya tuh si nci, suka banget ngecengin lanang bule’ di paris. Lha wong gue kurang apa toh wi, gue kan chinese juga, ndak kalah ganteng pula sama bule-bule yang suka nongkrong dipinggir paris. Apalagi yo, kata orang-orang, face gue iki ndak kalah sama personel-personel boyband sujud.. sujud... apa itu jenengane, lali aku.” Jawab frans.

“sujud... sujud... pala lo botak! SUJU, katrookk!!” jawab towi sambil toyor kepala frans yang ditumbuhi rambut cepak nan halus yang persis seperti permen kojek.

“uuwwiiisss lah, iku pokoknya. Ntar malem gue mau cari penampakan noni bule’ lah... siapa tau bisa dikecengin. Syukur-syukur bisa diajak tukeran nomer hape sama pin BB bolehlah. Yooweeiiss toh, gue tiduran dulu sebentar, biar nanti malem bisa melek.” Jawab frans yang dengan tak senonohnya tiduran di sofa kamar kost mereka dengan keadaan telanjang dada dilengkapi setelan celana hotpants boxer ijo bunga-bunga.
....................................

@lawang sewu, malam jam 23.30 wib
“duuhh... li, kok gue bawaannya jadi pengen beser-beser terus ya?? Disini kayak ada ‘something wrong’ gitu gue rasain.” Jawab towi yang bulu kuduknya mulai menegang(?).

“tumben nih kameramen alam ghoib ketakutan begini. Biasanya loe bolak-balik ke kuburan tua gak ngucapin salam berani lo.” Celetuk frans yang masih asik jalan menyusuri lorong bangunan lawang sewu.

“lho... lian mana?? Jangan-jangan tuh anak nyasar lagi. Frans... fraaaannnsss.... lian ilaaanngg....” teriak towi yang panik karena setahunya tadi, lian ada berjalan disampingnya.

“ppsssstt... berisik banget sih lo wi, kok bisa tuh si ncek ilang?” tanya frans yang mulai kut-ikutan panik.

Dari kejauhan dan dibalik kegelapan di lorong bangunan lawang sewu, tiba-tiba terdengar suara desah seorang wanita yang sedang ketakutan. Frans dan towi yang mendengar sayup sayup suara tersebut seperti sangat yakin bahwa suara itu milik teman mereka, lian yang sempat kehilangan jejak mereka. Dengan sigap, kedua pria ini berlari menuju kearah sumber suara. Suara lian terdengar begitu lirih sekali. Kira kira beginilah suarannya “kkyyaaaa... ammpuunn DJ... jangan godain akika dong cyiiinn... akika pan masih ting-ting booww, masih rapet. Akika gak ganggu lapak ‘ente kok, percaya deehh...”. hening! Towi dan frans hanya bisa melongok di tempat melihat lian yang ketakutan sambil tangannya yang gemetaran memegangi senter 10 watt miliknya. Terlihat ditembok, sesosok penampakan yang benar-benar mirip seperti kingkong bertubuh hijau yang diketahui nama makhlus halus yang satu ini adalah buto ijo. Langsung saja frans dan towi langsung memeluk lian yang udah ketakutan setengah mati ditempat.

“li, lo gak kenapa-napa kan?? Lo gak diapa-apain kan sama penampakan buto ijo itu? doi kagak nge-grepe grepein lo kan?” tanya frans yang mulai ngawur.

“hhhiiiiiiiyyy.... bbbb... bbuuu... buuttt.... buutttooo iijjjoooo....” teriak lian tercekat dan tak lama kemudian langsung pingsan dipelukan frans dan towi.

“liiii..... banguuunn... lo jangan mati sekarang li, kita berdua masih butuhin lo. apa nanti kata bonyok lo kalo lo mati karena ngeliat penampakan dilawang?” teriak towi yang mulai histeris ala artis teater lebay.

“iiyyyuuuhhh kamseupay, temen lo cetek banget sih?? Gue baru mau “say hello” aja doi dah pingsan begitu, ternyata manusia itu jahat ya? Kalian gak ngerti apa yang para makhluk halus rasakan. Kami juga butuh bersosialisasi juga dengan kalian. Tapi kenapa?? Kenapa? Kenapa kalian pergi menghindar dan menjauh? Apa salah kami para makhluk halus? Apa dosa kami? Sebegitu burukkah rupa kami sampai kalian para manusia ciptaan tuhan yang sempurna merasa sombong hingga terkejut melihat rupa kami? Jahattt... jjaaahhhaatt...” jawab si penampakan buto ijo tersebut lebay, yang aksinya tadi tak luput dari rekaman handycam towi yang masih stand-by sedari tadi. Inilah salah satu rahasia alam ghaib yang mulai terbongkar.

“lhoo... kok ngomong jahatnya Cuma dua kali? Sekali lagi dong biar dapet piring.” Jawab towi ngawur.

“huussshh... lo wi, kasian tuh si mas buto ijo. Yooweeiiss mas, maaf, bukan maksud hati buat hati mas buto sedih dan kecewa, tapi mas buto datengnya dadakan sih? Kita bisa ngertiin kok apa yang mas buto rasain sekarang. Karena makhluk halus ingin dimengerti kan? Iya kan benerkan? bener dong? Ekstra puk-puk buat mas buto, kami turut bersimpatik atas kisah hidup kalian para makhluk ghoib-ers.” Jawab frans dan towi bersamaan sambil berangkulan ala teletubbies dengan si buto ijo.

“matur tengkyu ya pren, dah mau simpatik sama guweeh. Oh iya, by the way, ada perlu apa lo bro ke lawang sewu ini? Mo uji kuali? Eehh.. uji nyali maksudnya?” tanya sang buto ijo yang mendadak kepo.

“iya mas bro, kita ber-3 sebenernya dateng kesini nih yee... sorry-sorry to say nih, kita ber-3 pada mau uji nyali. Kebetulan nih temen gue si towi karena emang lagi jomblo, dia sekalian ngelaba’ cari-cari noni belanda siapa tau bisa dikecengin, ya... syukur-syukur bisa diajak tukeran nomer hape atau pin BB atau juga diajak tukeran pin ATM juga boleh.” Jawab frans.

“bro, sebenernya apa yang lo ber-3 lakukan itu sangat mengganggu ketenangan kita para makhluk ghoib-ers disini. Masih banyak rahasia alam ghoib yang belom kalian ketahui, dan memang belum saatnya kalian tau akan hal ini. Tapi bro, gue yakin suatu saat nanti, saat kalian jadi makhluk ghoib juga, kalian pasti bisa menemukan makna yang tersirat dari yang tersurat atas ucapan gue malem ini. Lo juga harus tau, kita sebenernya pengen banget ngucapin terimakasih sedalam-dalamnya kepada para manusia, karena berkat jasa mereka, kita semua ikutan beken, bisa ngeksis sana-sini, plus masuk tipi lagi. Tapi bro, gue harap kalian ber-3 cepetan tobat deh ya?? Takut tuhan murka sama lo-lo pada. Dunia loe dan dunia gue beda dimensi. Sekarang kita sama-sama mengerti ajalah bro, selama kalian gak ganggu ketenangan kita, kita juga gak akan ganggu ketenangan kalian. Percaya deh. Nah, gue minta sama kalian, ber-3 untuk rangkulan, lalu tutup mata kalian.” Perintah si buto ijo yang selesai berbicara panjang lebar menceramahi frans dan towi yang sedari tadi mangut-mangut.

Dengan khidmat, si buto ijo membacakan mantra-mantra dalam bahasa jawa. Entah itu apa artinya, sedangkan ke-3 anak manusia ini masih saling berangkulan sambil memejamkan mata mereka. Seketika, mereka sudah kembali di kamar kost masing-masing. Sejak saat itulah, ke-3 anak horor freakers ini mulai tobat dari kebiasaan mereka. Ternyata, masih banyak teka-teki rahasia alam ghoib yang tak bisa dipecahkan oleh nalar manusia. Inilah salah satu bukti bahwa semua makhluk butuh ketenangan dan kedamaian, tak terkecuali juga para makhluk ghoib-ers. Biarlah rahasia dan teka-teki tersebut tetap jadi rahasia illahi, selamanya...

The end...









Tidak ada komentar: