23 Sep 2013

Sepotong cinta dari sekeping cookies


Title       : Sepotong cinta dari sekeping cookies
Author  : amelia setsuna shan aka. Amelia ulfa (@mel_melianatsir)
Cast       : liliyana natsir as liyana
Hendra setiawan as hendra
Genre   : romantic, comedy
*****************************

“do, bijimandos dandanan gue malem ini? Udeh wokeehh belom?” tanya gue sama kido, temen satu mess gue.

“wweeeiiisss gilaaakk... klimis abbeess” jawab kido santai tanpa berpaling ngedip barang sejenak dari kegiatannya baca tabloid gosip yang boleh doi rampok di perpus kampus.

“eehh seriusan lo? Asik klimis. Hendra setiawan emang kece’ tiada ttaarraahh...” jawab gue sambil naikin kerah kemeja putih gue yang udah gue gosok sampek licin.

“iye klimis, KLIatan MIStis” jawab kido melanjutkan.

“somfreett lo bengkak!!” maki gue sambil disambut gelak tawa simon dan ahsan yang asyik main Pe-eS.

“jeehh... mau kemane lo ndra? Perasaan sekarang malem jumat dah, bukan malem minggu. Tumben ngapel, biasanya lo ngepel, cekikikikikk....” tanya simon sambil ngledek gue.

“heh, kerjaan lo tiap hari lo sebut sebut. Iye, cem-ceman gue minta gue ke rumahnye, dia baru belajar masak, nah dia ngundang gue kerumahnya buat nyobain cookies buatan dia yang baru dia bikin sore tadi. Lumayan, makan gratis. Mueheehhee...” jawab gue sambil cengangas cengenges laknat yang kemudian menyambar helm full-face plus kunci motor gue diatas meja belajar. Gue nyalakan mesin motor ninja merah gue, belom juga naik, dari dalam mess keluarlah sesosok makhluk bogel botak dengan lemak bergelambir sana sini manggil-manggil nama gue.

“nnddraa... tunggu nndrraa...” teriak kido yang tergopoh gopoh lari nyusul gue sambil bawa toples kecil.

“ngape lo?”

“nih.” Jawab kido sambil menyodorkan toples bekas kastangel lebaran tahun kemaren ke gue.

“apaan nih!?” tanya gue senewen.

“iye, kalo ada sepih-sepihnye, tinggal lo taro ke ini toples, lumayan kan daripada gue kudu keluar duit buat beli good time di circle K?” jawab kido enteng.

“do... do... pantes aje lo kagak kurus-kurus. Hheeuu... yodah, taro didalem tas gue!” perintah gue ke kido yang disambut senyum penuh bahagia kido. Wajahnya berbinar binar. Yaahh... kapan lagi buat doi seneng kan? Itung-itung amal.
.....................................

@rumah liyana, malam jam 19.00 WIB
gak butuh waktu lama buat nyampe dirumah sang pujaan hati. Si satpam penjaga rumahnya liyana buru-buru bukain gerbang buat gue. Setelah memarkir motor ditempat semestinya, gue turun dari motor layaknya lelaki macho dengan jaket kulit hitam mengkilat yang udah gue laundry kemaren sore, melepas helm gue sambil diiringi hembusan angin sepoy-sepoy. Assoooyy geebooyy... dengan rambut belah tengah ala’ tony koeswoyo personel koes plus yang meliuk indah ditiup angin membuat gue menyimpulkan sebuah hipotesis sementara bahwa pesona gue saat ini bahkan bisa melebihi pesona tom cruise. Dengan berjalan angkuh memasuki beranda rumah liyana yang lumayan besar ini. Tiba-tiba suara seorang cowok ABG panic kelainan jiwa dari balkon lantai 2 memecah wibawa gue.

“rasakan kemarahanku wahai kau lelaki tengikk... nyyiiihhaaa!!!”

*Bbyyuuuurrr........

ABG kampret!! Gue udah macho macho kayak gini disiram pake aer bekas pel-an. Mendengar keributan diluar, penghuni yang ada di dalam rumah mewah ini keluar. Oohhh... ambooyy sungguh elok bukan kepalang, seorang gadis berambut cepak hitam mengkilat dengan kulit seputih dan selembut kain satin membukakan pintu buat gue. Yeess bro, itu calon mangsa gue. Liyana namanya. Dengan dibalut gaun tidur bahan sifon warna merah terang, doi nampak begitu seksi. Siapapun yang melihatnya pasti panas dingin.

“yyaammppuunn koko hendra? Kok basah begitu?” tanya liyana panic.

“yan, dirumahmu kayaknya ada monyet lepas ya?” tanya gue senewen.

“hhaahh?? Monyet?”

“iya, monyet. Nnaahhh... tuhh tuuhh... monyetnye lewat.” Jawab gue sambil menunjuk sekelebat bayangan yang turun dari tangga.

“oohh... yaampun, si owi maksud koko? Hahaha... maaf yah koh, dia emang hyperaktif dari kecil, eh keterusan deh ampe sekarang. Padahal dia udah kelas 1 SMA loh koh.” Jawab liyana yang akhirnya menyuruh gue masuk.

Liyana nyuruh gue buat ganti baju gue yang basah dengan pake sarung dulu, karena baju adeknya rata-rata gak ada yang muat sama gue. Sementara baju gue dikeringin, gue jalan dari kamar tamu ke dapur sambil pake sarung doang. Yes! Gue persis kayak penganten sunat sekarang. Melihat kondisi gue yang seperti ini liyana seperti tak bisa menyembunyikan kegeliannya. Gue sebenernya sih udah malu maksimal banget. Yaiyalah! Siapa yang gak keki dateng dateng kerumah cem-cemannya pake baju wookkeehh dandanan keceehh eehh... pas sampe dirumah malah bersarung sarung ria bertelanjang dada. Perusak pemandangan, si tontowi tengil ini selalu ngintil cicinya kemana-mana. Doi ngeliatin gue sebentar, lalu ketawa terbahak.

“HHAAHAHHAHAHAHH... penganten sunat!!” teriak owi sambil tertawa terbahak bahak sambil nunjuk nunjuk “anu” gue. Sumpah pengen rasanya gue buka ini sempak buat nyumpel mulutnya yang lagi nganga’ lebar begitu.

“owi, lo ngapain sih kepo banget ikut-ikutan acara cici? Masuk sana ke kamar!” perintah liyana kepada si owi yang masih ngetawain gue.

“daaahhh... penganten sunat” jawab owi sambil berlalu dengan gaya sok cool. Issshh kalopun sekarang ada batu koral didepan gue, udah gue timpuk lo dari tadi!

“sorry yah koh, tuh anak emang luar binasa banget deh bandelnya.” Jawab liyana frustasi.

“bocah autis kayak gitu itu adek lo yan? Dia udah punya cewek belom sih??” tanya gue.

“eeiiittss jangan salah, dia jadi rebutan kakak kelasnya loh. Tapi akhirnya dia malah pacaran sama anak kelas 2 SMP yang satu yayasan sama sekolahnya dia. Bocah pedofil.” Jawab liyana sambil geleng geleng kepala.

“ohh iya, kamu nyuruh aku kesini buat apa?” tanya gue.

“oohh iyyaa.. yaampun, jadi malah bahas owi gini sih?? Naahh... taadaaaa... ini cookies choco chips buatan aku loh koh. Aku ngundang koko kesini buat acara minum teh sambil sekalian jadi juri buat ngasi penilaian cookies buatanku. Ayo koh, cobain, nih!” jawab liyana tanpa ha’ he’ ho’ langsung empenin gue sekeping cookies buatan doi.

Hhmmppphhh!!! Yoowwlloohh... ini cookies ape opak rasa coklat? Sumpah rasanya aneh. Pait, asin jadi satu. Demi menjaga perasaan liyana yang halus tersebut, gue coba untuk menutup-nutupi muka gue yang udah nahan mual sama rasa cookies buatan liyana.

“gimana koh? Enak gak?” tanya liyana dengan wajah berbinar.

“eeuuhhhmmm... mmmhhuuueeennaakkk bbhuuaannggheett... sshuumpphhuuaaahhh” jawab gue bohong sambil sesekali gue merasa tersiksa tiada tara. Air mata gue hampir keluar. Mungkin pak bondan winarno yang biasa ngucing jadi host acara wisata kuliner di trans tipik, jika disuruh icip cookies yang satu ini, dia bukan mengerlingkan mata sambil ngomong “MAAKKNNNYYUUSS...” tapi akan berganti dengan mimik muka kepengen boker sambil teriak panic bin kalap “MAAKKK.... TOOLOONGG MAAKKK....”

“assssiiiikkk... iihhh saayyaaannggg bangeett sama kokoh.” Jawab liyana sambil memeluk gue dari belakang.

Entah berapa banyak keping cookies yang gue makan. 1 toples mungkin ada. Oohh god, gak lagi lagi deh gue makan cookies kayak beginian. kido, sepertinya gue bakal beliin lo goodtime choco chips aja di circle K daripada lo ikut menderita kayak gue makan cookies kayak beginian. Jam di dinding udah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Itu artinya gue kudu balik ke mess sebelum para penghuninya tidur dan itu artinya gue kudu tidur diluar sambil ditemani nyamuk-nyamuk kebon yang dengan ganas gigitin kulit mulus gue. Gak lupa gue pake lagi baju gue yang udah dikeringin tadi dan pamit sama liyana.

“koohhh... tunggu.”

“kenapa liyan?”

“eehhmm... anu.. itu... makasih ya, udah sempetin dateng ke rumah. Maaf juga gara gara adek aku, kokoh jadi basah-basahan tadi.”

“iya, gakpapa kok liyan. Koko pulang dulu ya?”

“koko...” panggil liyana lagi.

“ada apa lagi?”

“ada yang ketinggalan.”

“apaan?”

*Cupppsss....

Tanpa basa-basi, liyana tiba-tiba nyium pipi gue dengan lembut. Gue diem. Doi diem. Sandiani arief juga diem. (*nah lho thor, ngapain ada sandiani arief juga?)

“sebagai ucapan terima kasih aja. Goodnight koko.” Jawab liyana sambil melambaikan tangannya.

Gue tersenyum pasti. Sambil mengangkat sebelah jempol gue, bergaya sok cool seperti seorang pejantan tanggung(?) “bbyyee liyan. See you soon” jawab gue sambil meninggalkan halaman rumah liyana.
............................................

Untunglah, pintu kamar mess gue gak dikunci. Ternyata kido memang tipe pria setia sodara sodara. Disaat ahsan dan simon udah tidur, Cuma doi satu satunya yang masih melek. Seandainya saat ini gue seorang wanita, mungkin gue begitu terharu dengan kesetiannya. Kesetiannya melebihi burung love bird bahkan dia bisa lebih setia daripada anjing hachiko yang setia nungguin tuannya pulang di stasiun shibuya, tokyo. Ya, walaupun gue tau dia setia kalo lagi ada maunya.

“nah, pulang juga lo akhirnye. Mana sepih-sepihnye?” samber kido yang langsung malak.

“neh!” jawab gue sambil nyodorin se-toples good time yang baru gue beli di circle K.

“ndra, lo emang bener-bener orang paling pengertian yah ndra? Demen dah gue kalo lo begini mulu tiap hari. Wwiiihh aannjjwwrroott... cwwookiesnya mwwana enwwhhak benge’ (*banget .red) lagi. Yah, buat para pemula mah ini udah top banget deh. Rasanya gak jauh beda sama cookies good time.” Jawab kido sambil melahap dengan rakus cookies cookies yang sebenarnya adalah good time tersebut.

Gue rada gak enak juga sih udah membohongi kido yang suci(?) hatinya. Pengen gue teriak didepan komuknya “wwoooyyy bengkak, lo kagak tau aja kalo tadi di rumah liyana gue bukan makan cookies, tapi opak rasa coklat yang dikasi choco chips!” batin gue. Tapi yasudahlah nasi sudah jadi aking. (*ini ciri ciri orang gagal masak nasi :p)
....................................................

Sejak saat itu, hubungan gue dan liyana makin akrab, bahkan gue udah resmi jadian sama doi seminggu yang lalu. doi jadi sering bawain gue bekel makan siang sekarang. Aaahhh... pengertian sekali memang gadis yang satu ini. Ya, meskipun ujung-ujungnya gue kudu bulak balik toilet kampus plus minum oralit abis makan masakannya. Hari ini, liyana ngundang gue kerumahnya buat masak makan malem bareng. Oh meeenn... bisa lo bayangin kan betapa so sweetnya kita sebagai sepasang kekasih baru masak makan malam buat dinner berdua? Sebenarnya gue sedikit resah juga sih, gue sadar, gue gak bisa masak sama sekali. Masak mie aja kadang saking oon nya gue masukin sekalian ama bungkus-bungkusnya. Bahkan masak nasi di rice cooker aja gue masih belom becus. Gue udah nunggu ampe 2 jam nasinya gak masak-masak juga, ternyata gue belom mindahin tombol indikatornya ke menu cook. Gue Cuma bakat dalam bidang olahraga, nembak cewek, makan dan tidur. Selebihnya gue akui, gue dongo. Kembali lagi ke topik, malem ini gue izin sama kido, ahsan dan simon karena gue pulang agak telat. Jadilah malam ini kita dinner dengan masakan buatan tangan. Sebelumnya, liyana minta dianterin ke supermarket buat beli bahan. Katanya sih malem ini mau buat pasta sama beef burger. Ya, sebagai pejantan yang baik, gue turutin kemauan doi. Gue rada horor sih saat masuk ke dalam rumah liyana. Takut-takut nanti gue disiram air pel lagi atau yang mengerikannya lagi, gue bisa aja disiram pake air kencing si owi, adek autisnya. Tapi dugaan gue meleset. Gak nyangka, saat gue dan liyana naro bahan-bahan di dapur, si koplak tontowi dateng tak dijemput pulang tak berkutang. Tumben tumbenan dia sifatnya lagi manis banget.

“cici, lapppeerr...” jawab owi sambil menuntun tangan liyana untuk mengusap perutnya.

“adduuhh... kamu kenapa gak minta dimasakin sama bik balan aja sih? Ato gak kamu jajan kek diluaran.” Jawab liyana senewen.

“maunya cici yang masakin.” Jawab tontowi sambil mengerucutkan bibirnya. Hhaallahh... dia pikir dia imut apa kalo kayak gitu!? :p

“udeh, beli bakwan malang aja sana. Nih ceban cukup kan? Gih jajan sana.” Suruh liyana yang menyodorkan duit 10ribuan ke owi. Owi Cuma bisa nurut apa kata cicinya, dengan berat hati dia berjalan gontai ninggalin dapur.

Kegelisahan gue ternyata memang benar. Saat liyana bagi-bagi tugas buat gue masakin beef burger, gue pikir yang namanya bikin burger doang mah aahh cetek! Tinggal olesin aja rotinya pake margarin trus dipanggang. Ya, gue terlalu menyepelekan hal yang sepele yang sebenarnya berdampak ruuaarr binasa. Saat asik manggang beef-nya, tiba-tiba hape gue berdering. Gue lihat layar di hape “nenek sihir” oh, ini pasti nyokap gue yang nelpon. Ya benar saja. Nyokap kalo udah nelpon emang gak tau waktu. Mungkin ada 30 menit gue dengerin wejangan membosankan ala nyokap. Saat gue tutup telpon, gue curiga, dari tadi gue nyium bau bau angus. Daaann... WAADDAAFAAKK!!! Beef-beef yang gue panggang tadi berubah wujud jadi arang. Gue panic! Liyana stress. Amelia ulfa kejang-kejang. (*nah lho?) Akhirnya dengan berberat hati, liyana yang memang banyak akal mengganti daging gosong tersebut dengan ikan sarden semalam yang dia panasin lagi. Entahlah, apa jadinya kalo gue udah berumah tangga sama dia nanti, mungkin gue bakalan angkat chef juna, chef arnold, chef marinka, dan chef degan buat jadi koki di rumah gue. Dinner malam ini gak ada sepatah kata yang keluar. Yang ada hanya saling tatap-tatapan dan kembali fokus ke makanan masing-masing. Acara dinner ini akhirnya selesai. Gue pamit pulang sama liyana. Tapi seperti biasa, dia selalu nahan gue.

“koko.”

“kenapa sayang??”

“maaf yah, acara dinnernya jadi berantakan.”

Gue jadi merasa gak enak juga sama liyana. Gue turun dari motor, gue kecup pipinya sebentar lalu berkata

“kamu gak perlu minta maaf liyan, koko yang harusnya minta maaf. Gara gara koko, beef-nya gosong semua.” Jawab gue penuh penyesalan.

“gakpapa, jadiin pembelajaran aja koh. Tapi koko gak marah kan?”

“kok gitu? Harusnya koko yang nanya ke kamu, kamunya gak marah kan?”

“gak kok koh, yaudah hati hati dijalan ya? good night ko.” Jawab liyana melambaikan tangannya sambil mengiringi kepergian(?) gue.
..................................................

Berbulan bulan gue jalani hari hari gue sama liyana. Dan alhamdulillah ya, siswantok sekali, kemampuan memasak liyana udah mulai meningkat. Tapi di suatu hari di bulan januari kelabu, gue dan liyana terlibat adu mulut. Gara-gara gue lihat liyana dirangkul rendra, si kapten basket. Ya, gue kalap saat itu. Gue bahkan tanpa sadar menyumpah serapahi liyana dengan kata-kata kasar, dan ngebeberin semua perasaan gue kalo masakan doi selama ini gak enak. Mendengar pengakuan itu, liyana bagai tersambar petir di pagi buta. Perlahan, air matanya menetes setitik, setitik, kemudian hujan deras dari pelupuk matanya. Gue gak peduli. Gue lari ke atap gedung kampus. Gue gak nyangka, liyana nikung sama rendra. Gue duduk sambil merapatkan dengkul gue ke muka. Saat itu, gue bisa ngerasain sebuah tangan halus memegang pundak gue. Gue tau, itu liyana. Ya, pasti!

“yan, please tinggalin gue sendiri!” bentak gue ke arah liyana.

“oke, aku tau koko cemburu. Tapi koko dengar dulu. Ini Cuma salah paham kok. Please??” mohon liyana.

“cukup! Gue gak mau denger apa-apa.” Jawab gue ketus.

“ko, rendra itu sepupu aku, apa salah ya sepupuku sendiri ngerangkul? Lagian dia juga udah punya cewek kok. Jangan marah dong koh.” Jawab liyana menjelaskan.

Oh tuhan, gue jadi merasa serba salah karena udah nuduh liyana nikung. Gue egois banget. Tapi entah mengapa hati gue belum juga melunak.

“koh, makasih ya? Makasih koko udah mau jujur. Masakanku emang gak enak, tapi aku salut lihat koko bisa jaga perasaanku. Tapi maaf juga yah koh, kalo selama ini aku sering nyusahin koko dengan ngasi makanan-makanan gak enak itu.” Jawab liyana sambil menangis.

Gue mulai sedikit luluh. Agak gak tega sih sebenarnya ngeliat cewek yang udah rela masakin, bawain makanan buat bekel makan siang ke gue menangis gara-gara gue yang gak bisa jaga ucapan gue.

“kalo koko gak mau maafin aku juga gak papa. Mungkin kalo koko rasa lebih baik kita putus, aku bisa terima dengan lapang dada. Aku tau koko belum makan siang. Ini ada sedikit cemilan buatanku.” Jawab liyana sambil menyodorkan setoples mungil cookies. Aahh... kue yang satu ini emang penuh kenangan.

Gue terima dengan berat hati. Gak ada gue terge’ sama sekali tuh cookies.

“meskipun rasanya gak enak sekalipun, tapi aku bakalan bahagia kalo koko nyicipin cookies ini walau sekeping aja. Mungkin setelah ini aku gak akan lagi buatin makanan buat koko.” Jawabnya sambil tersenyum paksa.

Ya, gue benar benar luluh! Gue buka tutup toples tersebut. Gue ambil sekeping makanan kesukaan gue tersebut. Ah, cookies buatan liyana ini emang nyimpan berbagai kenangan. Setiap gue gigit, gue seperti bisa mengingat kembali secara runtut kenangan manis koplak gue bareng liyana. Gue makan sekeping. Ya, cookies buatannya kali ini berbeda rasanya saat pertama kali ia buat. Rasanya manis, begitu manis melebihi kenangan-kenangan indah yang gue lalui bareng doi. Terus gue kunyah cookies itu sampai habis satu toples. Gue lihat liyana masih tetap terduduk lesu di belakang gue. Mukanya ketutupan sama rambut-rambut liar disekitar jidadnya. Gue pegang pundaknya lembut sambil berucap :

“maafin aku yah sayang, aku gak bermaksud buat kamu tersinggung. Maaf kalo aku udah terlalu cemburuan sama kamu.” Jawab gue.

Liyana hanya diam. Diam dan diam. Tak ada sepatah katapun keluar dari mulutnya.

“tapi ku akui akhir-akhir ini masakan kamu udah mulai enak. Dan cookies ini, cookies ini yang buat koko sadar dan ingat awal-awal masa pedekate kita dulu. Koko ingat, koko bisa dapatin sepotong cinta milik kamu dari sekeping cookies ini. Udah ya, kamu jangan nangis lagi.” Jawab gue sambil memeluk liyana. Gue elus kepalanya dengan lembut. Liyana pun juga balas pelukan gue.

Terkadang sebuah hal sepele lah yang membuat kita teringat akan kenangan manis dan pahit yang pernah kita lalui dimasa lalu. Meskipun bukan seberapa, namun kenangan dari hal tersebutlah yang terus tetap melekat di hati kita. Ya, gue pikir itulah kesimpulan yang bisa gue tarik dari pengalaman gue ini. Gue dan liyana saling pelukan di atas atap gedung kampus sambil ditemani rinai hujan yang membasahi bumi dan tubuh kita berdua.

#THE END...

©2013, authorized by :
Amelia ulfa

Tidak ada komentar: