18 Sep 2013

Surat curcol liliyana untuk pak presiden (Sebuah catatan bodoh dan potret kehidupan sosial masyarakat indonesia)


Title       : surat curcol liliyana untuk pak presiden 
Author  : amelia setsuna shan aka. Amelia ulfa
Cast       : liliyana natsir as liliyana
Tontowi ahmad as pak presiden.
Genre   : unknown
Ost         : NOAH – raja negeriku
******************

“anda punya kisah??
Ibu susah belanja, ayah kena PHK, korupsi dimana-mana
Mahasiswa pusing biaya, koruptor mandi duit dipenjara...
Jambret, copet, maling, perampok udah jadi bagian dari profesi..”
~liliyana “si ketjeh badai” natsir.  pengamat sosial dan ekonomi tahun 2025~


Liliyana pov :
Jakarta, 21 february 2013. My dear diary...
Sepenggal kisah tentang sebuah negeri, dimana beta lahir dan dibesarkan oleh bunda. I-N-D-O-N-E-S-I-A. katanya, negeriku ini zamrud khatulistiwa, dimana masyarakatnya hidup makmur, sejahtera. Masyarakatnya yang dikenal baik serta memiliki sopan santun yang tinggi, dan menjunjung tinggi kebudayaan bangsanya sendiri. Sebuah negeri beriklim tropis dengan kekayaan alam yang berlimpah dari ujung sabang sampe pojok maroko(?) eehh... salah, maksudnya dari sabang sampe merauke, dari lemahabang sampe rawa angke (*makin gak jelas). Semua serba ada di negeriku, indonesia. Mau punya pohon toge? tinggal lempar aja kacang ijonya ke tanah, beberapa minggu kemudian tuh kacang ijo paling udah bertunas jadi pohon toge. Alhasil, kita bisa punya kebon toge sendiri, praktis kan?? Namun, negeri yang dijuluki zamrud khatulistiwa ini sekarang seperti sudah kacau balau. korupsi, kolusi, nepotisme dan blablabla sudah menjadi kebiasaan yang sudah lazim dilakukan gak hanya dari kalangan bapak ato ibu pejabat yang kerja di sebuah gedung dibilangan senayan, yang atapnya seperti kubah warna hijau yang sering dikenal dengan nama gedung DPR/MPR tersebut, tapi virus KKN semua udah menjalar kesemua golongan. Dari gubernur, pengusaha, bupati, walikota, lurah, camat, bahkan pak eR-Te atau pak eR-We sekalipun juga mungkin atau emang beneran hanya dia dan tuhan yang tau, pasti pernah yang namanya korupsi. Bahkan, kita sampai muak menengok berita di channel TV Oon-e atau channel TV metromini TV(?) yang rajin, bahkan seperti berlomba-lomba buat nyiarin berita tentang orang-orang yang (lagi) itu-itu terus. Mulai dari kasus suap hambalang yang kagak sudah-sudah. Kasus si enjelina somplak yang gak mau ngakuin percakapan doi di BBM-nya, kasus mantan putri solo yang ikutan kena skandal karena ikut merasakan hasil korupsi suaminya yang korupsi pengadaan simulator alat SIM, sampe kasus suap impor daging. Oohhh... pantas saja, kemarin gue bareng nyokap pas mampir ke pasar, daging harganya menggila banget! Bayangin brraaayy.... 100 rebu sekilo?? Itu buat beli daging doang lho 100 rebu, belom lagi beli bumbu, lauk pauk lainnya, sayur mayur, sembako, dan blablabla? Ini hal yang paling gila! Padahal kalo lagi bulan puasa ato menjelang lebaran aje harga daging kagak nyampe segila itu? Paling mahal 80 rebu, lha ini 100 rebu? Gue gadai-in semua kancut-tanktop-kutang, dan semua pakaian dalem gue juga kagak dapet  100 rebu. Inilah indonesia bung! Yang kaya malah makin kaya, yang miskin tinggal tunggu masuk kubur aja. Coba lo pikir, pernah ada gak sih koruptor yang disiksa plus digebukin warga se-nusantara gara-gara korupsi uang rakyat? Gak ada kan? Beda hal-nya dengan seorang maling ayam, maling kutang, atau maling-maling kelas teri lainnya belom juga nyuri, mereka udah kena gebuk warga sekampung bahkan gak jarang ada berita yang bikin hati kita miris bin meringis! maling dipukulin sampe mati. Sadis memang! Nyatanya masyarakat indonesia yang dikenal ramah dan sopan yang punya solidaritas dan rasa kekeluargaan yang tinggi kini berubah menjadi masyarakat berkelakuan barbar yang gak menunjukkan sisi manusiawi mereka sama sekali. Oke, kita balik lagi ke soal koruptor. Apa ada selama ini koruptor yang dipenjara bareng sama para gangster jalanan ato se sell sama para maling-maling kelas teri yang baru aja gue sebut diatas? Gak ada! Kita bisa tengok hal ini pada kasus tante arthalitalipuser suryani alias tante ayyiinn yang ngedekam di sell penjara dengan fasilitas “WOOWW”. Memang sih, nama lainnya penjara itu emang “hotel prodeo”, tapi kenapa fasilitasnya juga gak kalah sama hotel bintang 7(?) yang biasa nangkring dikota-kota besar? Bayangin ada kamar sell penjara dilengkapi stereo set, peralatan bak disalon kecantikan, sampe home theater gak ketinggalan, ada juga disana. Gilllaa! Kalo ada penjara yang kek gitu, gue mah betah dah tinggal dipenjara. dulu waktu kecil yang gue pikirin, gue Cuma pengen jadi anak baik dan gak berurusan sama polisi yang berujung dengan “penjara”. Dulu, bagi gue penjara itu lebih pengap daripada kandang sapi. Dengan lantai yang masih disemen, satu sell bisa sampe 10 orang. Belom lagi nanti di plonco-in sama bandit senior di sell, belom lagi nanti di bully sama polisi gendut berkumis lebat. Makanannya terkadang bisa Cuma tahu-tempe bacem yang gak ada bumbunya sama sekali. Tapi ini liat lho, dipenjara aja bisa ajeb-ajeb. Terkadang para koruptor itu entah mereka urat malunya udah putus ato emang gak punya malu kali ya, dengan santainya melenggang kangkung keluar masuk gedung KPK sambil tebar pesona ke para wartawan dan jurnalis yang ngeliput mereka. Raut wajah mereka seperti terlihat fine-fine aja. Ya... di indonesia apa sih yang kagak pake duit? Tinggal sogok dikit masalah selesai. Kasi uang tutup mulut sedikit selesai. “money is everything”. Ya, bagi mereka para kaum idealis, duit merupakan segala-galanya. Gak ada duit berarti gak bisa hidup. Mereka seperti gak bersyukur sama tuhan, dah jelas-jelas dikasi rejeki cukup, atau bahkan lebih dari cukup masih aja nilep duit rakyat. Coba tengok, berapa banyak saudara-saudara kita yang hidup dibawah garis kemiskinan? Belum lagi anak-anak yang kena busung lapar? Apa para pejabat atau pemerintah ada yang peduli sama mereka? Mereka juga salah satu bagian dari masyarakat indonesia? Lalu, apa selama ini kerja nyata yang diperlihatkan oleh pak boyo? Jekardah yang udah berkali-kali ganti pemimpin tetep aja banjir-banjir terus dari lebaran monyet ampe tahun jebot.Terkadang gue suka kasian sama pak jokowow. Padahal doi dah ngusahain supaya jekardah gak banjir lagi, tapi nyatanya para penduduk jekardehnya aja yang bolot, tuli atau bagaimana, gak pernah mau dengar imbauan si pak gubernur. Giliran banjir, gubernur yang disalahin. Padahal dah jelas-jelas masyarakatnya sendirilah yang bikin tempat tinggal mereka banjir. Gimana kagak? Buang sampah seenak jin buang anak di kali ciliwung dan dimana-mana aja. Manusia sekarang udah terlalu banyak kufur nikmat. Ibarat kayak dikasih hati minta ampela. bagi mereka gubernur itu selalu salah meskipun apa yang dilakukannya udah maksimal, tapi tetep aja salah! Menurut kamus besar rakyat, bagi mereka pemimpin itu akan selalu dan tetap selalu bersalah dimata mereka. Bebeb diary, udahan dulu yaa?? Yana-nya pengen bobo’ cantik dulu. Lope lopeee... dehhh :* (*lempar duit receh)

Your beloved :
Liliyana
...................................

yaaannnaaaaaaa.....” teriak suara cempreng nun jauh disana yang pasti suara nyokap yang mau nyuruh gue masak makanan buat makan malam.

Mau gak mau dengan langkah gontai gue clingak-clinguk mencari sumber suara yang sember gak karuan kayak teriakan mak lampir itu. Belom juga nanya, gue udah disodorin peralatan masak plus muka assseemmm-asseemm kecut nyokap yang akhir-akhir ini sering senewen.

“apaan nih mak?” tanya gue yang sok pura-pura gak tau.

“masak sono! Entar bapak lo pulang ngomel-ngomel lagi kagak ade makanan. Lo tau kan yan, bapak lo tuh purikan? Akhir akhir ini sering banget sensi?” tanya emak gue yang asik goreng tempe mendoan.

“lha terus, gua masak apaan mak? Pan emak dah masak goreng mendoannye, nasi juga udah. Jadi aye masak apaan dong?” tanya gue yang heran karena hampir 99,99% makanan buat malem ini udah jadi semua.

“masak aeeerrrr... biar mateng...!!!” cerocos emak gue dengan cablaknya.

Buujuuuggg!!! Ngocol amat ini emak-emak satu! Butet dah, gue nanya baek-baek, eehh... jawabannya sengak beud! Aduuhhh.. ampun dah nyokap gue. Yaahhh, ginilah kondisi dan situasi rumah tangga(?) gue. Gue sendiri juga empet idup kek gini terus. bokap bentar lagi mo dipensiunin sama perusahaan tempat doi kerja, nyokap Cuma jadi ibu rumah tangga yang beres sana-beresin sini dirumah, sedangkan gue?? Gue baru juga masuk kuliah, ya walaupun sekarang gue udah masuk semester 3 jurusan sosiologi. Tapi gue ketar-ketir niihh, pasalnya setelah nanti bokap gue dipensiunin, doi cuma dikasi uang pesangon dari perusahaannya 5 bulan gaji, setelah itu? Keluarga gue dapet duit darimandooosss?? Itu yang bikin nyokap gue akhir-akhir ini kelakuannye jadi sedikit merakbal. Untungnya sebelum bokap gue dipensiunin dini sama perusahaan tempat kerjanya, nih rumah KPR BTN udah dilunasin, kalo kagak gue juga gak tau dah nasib keluarga gue, ngegembel ato gimana.

“wwoooyyy... ettdaaahhh bocah, disuruh malah bengong disitu. Masak eehh...” panggil emak gue lagi yang teriak-teriak didepan komuk gue.

“weeesss.... woles mak, gua jadinya masak apaan ini?” tanya gue.

“ettdaahh, lo cakep-cakep bolot amat siii?? Ya masakk aeerr... biar mateng!” jawab emak gue dengan suara cemprengnya yang dibuat sok-sok seperti suara seriosa.

“lha, ngape masak aaeerr... biar mateng mak? Tumben? Pan kite pake aer ngisi ulang.” Tanya gue yang tumben-tumbenan nyokap suruh masak aer. Pan biasanya aer tinggal nyomot(?) di tukang aer isi ulang.

“eehh neng, mulai sekarang kite pan harus idup hemat, kasian bapak lo bentar lagi mo dipensiun dini-in ame perusahaan tempat die kerja. Ya mau kagak mau dah. Udeehh... banyakan nanya lo ahh kek anak kepo belom divaksin. Masak sono, lo mau kagak minum? Seret nanti lo pas makan.” Suruh emak gue yang kemudian nge-lenggang kangkung kek gak punya dosa, masuk ke kamarnye.

Eiijjjaaaahhh... bete mamyoy dah gue, idup kayaknya gak adil banget rasanya buat orang-orang suseh, kismin kek gue. Bokap di pensiunin dini atau bahasa kasarnya mah di PHK sama tempat kerjanya. Angka pengangguran makin banyak dan akan tetap selalu dan selalu dan always selalu dan selamanya angka pengangguran akan terus naik sampai pada waktunya akan melebihi ambang batas. Sistem kontrak dan outsourcing di perusahaan emang kek kampret! Gaji dibawah UMK (*upah minimum kerja .red) kadang juga sering dipending gajiannya satu sampe beberapa bulan. Udeh kayak BBM aja pending-pending mulu. Boss-nya kagak mikir apa ya ntar keluarga anak buahnya makan apaan, sedangkan duit gajinya aje belom dikasi ampe berbulan-bulan. Nah, kalo yang kerja ampe ke luar-luar negeri, apalagi sampe ke daratan arab, siape nyang bisa jamin idup dia disono? Namanya juga negeri orang, mo ada KBRI sekalipun disono juga toh masih banyak kasus KDRT terhadap TKW-TKW yang gak sedikit ada yang disiksa kayak binatang, dipretelin sama majikannya, dan blablabla dan blablabla yang bikin mumet otak. Orang desa pada berlomba-lomba dateng ke jekardah untuk ngadu peruntungan disono. Ya... bagi mereka yang beruntung mah sih gak masalah, tapi bagi yang gak? Mau di desa, mau dikota besar tetep aje nganggur. Lapangan kerja udah mulai sedikit, banyak perusahaan-perusahaan yang pailit alias gulung tiker sajadah(?) karena produk atau jasa mereka dah gak eksis lagi seperti dulu atau udah kalah saing sama perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama? Belom lagi kalo kita pergi ke pecinan atau pondok cina atau glodok, mangga dua dan segala macam tempat-tempat itu yang penuh dengan konter hape ataupun pusat penjualan barang elektronik seperti berderet sebelah-sebelahan. Ya, inilah hidup. Hidup ini persaingan. Siapa yang kalah dalam persaingan ini harus rela mati. Bahkan gak jarang mereka pake cara-cara licik nan culas untuk bisa terus bersaing.
..................................................

“bapak pulang....” jawab bokap gue yang baru aja pulang dari kantornya. Mukanya kusut sekusut kemejanya.

“eehh... bapak dah pulang? Mau mandi dulu ape mo makan dulu?” tanya nyokap gue yang daritadi dah nungguin bokap gue sambil nonton berita di channel TV metromini TV. Ya, berita teranyar kali ini seputar om na’as ubannimbrung yang udah ditetapin jadi tersangka kasus suap hambalang. Hahaha... gue jadi inget dulu si om na’as ubannimbrung ini pernah bikin statement kalo dia terbukti korupsi, dia mau digantung di monas. Cekikikikikk.... sekarang jadi senjata makan tuan kan? “KALO SAYA TERBUKTI KORUPSI, GANTUNG SAYA DI POHON TOGE(?) EEHH... SALAH, MAKSUDNYA GANTUNG SAYA DI MONAS :p” berlebihan emang sumpahnya. Tapi yang namanya sumpah yaaa sekarang udah jadi sampah. So, apakah om na’as tepatin janjinya? Who knows... tonton aje beritanye. Masih hot kok. Si pembawa acara tipi metromini TV seperti semangat 45 banget ngebahas nih berita. Kira-kira beginilah breaking news-nya ;

“selamat malam pemirsa, jumpa lagi bersama saya feni rose dalam acara silet. Tak ada yang kami kupas dan semuanya akan kami kupas secara mendalam setajam.... SILET!” (*maaf kalo salah teks, namanya juga pembawa acara amatiran :p)

Naahhhllhhoo... salah channel gue, cekikikikkikk... maksudnya seperti ini ;

selamat malam pemirsa, kembali lagi bersama breaking news metromini TV. Malam ini, ketua umum partai demokrat, na’as ubannimbrung telah ditetapkan statusnya sebagai tersangka oleh KPK. Menurut juru bicara KPK, johan budeg na’as telah terbukti terlibat skandal korupsi proyek sekolah olahraga hambalang seperti yang dinyatakan oleh mantan bendahara umum partai demokrat, dasar udin. Na’as ubannimbrung sendiripun sedari tadi setelah KPK men-sterilisasikan kediamannya di bilang durian sawit, jakarta timur belum terlihat batang(?) hidungnya. Para rekan-rekan wartawan yang sedari tadi meliput menunggu didepan gerbang kediaman na’as di daerah durian sawit ini.”

Hhaaaiiihh.... bosan! Nyokap gue dari tadi serius banget nontonnya. Gak lama, gue pun nanya sama nyokap gue ;

“mak, kagak ade sinetron apah mak? Bosen mak, orang korupsi aje ditontonin, diliput-liput ampe rempong kek begitu. Tuker apa mak.” Jawab gue yang bosen dari tahun jebot sampe lebaran monyet yang ditonton orang kena korupsi terus.

“yaelah yan... jam segini mah adanya tukang haji naek bubur, ehh... tukang bubur naek haji maksudnya. Lo mau nonton si muhiddin, haji geblek yang ngakunya dah haji 2 kali yang musuhan sama tukang bubur yang haji udah 3 kali? Gua mah ogah amat, dari taun jebot kagak sudah-sudah. Mentang-mentang rattingnya tinggi. Gua mah sih kalo malem-malem kek gini ada acara masak-masakan kayak mas rudy choeruddin ato cheff juna ato gak mbak farah quinn mah, mending gua nonton begonoan, biar tiap hari menu kite kagak tempe mendoan sama sayur asem mulu.” Celoteh nyokap gue panjang lebar. Gini nih, makin malem nyokap gue makin geblek.

“yaelah mmaakk... ustad potokopian dah kalo kagak... daripada ngeliatin si na’as ubannimbrung?” tawar gue.

“yaelllaahh... ntu lagi sinetron sableng. Ngape sii production house sekarang  demen amat bikin sinetron berbau agama? Agama kek dibuat bahan maen-maenan doang. Mana pada sengak banget lagi haji sampe tiga kali lah, titisan para wali lah, kalo belom cium tangan kagak dapet berkah dunia-akherat. Bujuugg dah ntu si keluarga “PUNJABI” pada miring kali ye otaknye. Dasar india geblek.” Jawab nyokap gue makin ngoceh.

Yyaahhh... kalo udah gini mending gue cepet-cepet abisin makanan terus curcol lagi dah sama diary gue. Gue punya tekad untuk bikin surat buat presiden! Gue pan juga kagak mau kalah ama anak-anak SD yang disuruh gurunya buat bikin surat ke menteri-menteri. Gue mau ngasi langsung nih surat ke tangan pak presiden kalo ada meet and greet(?). rencananya, bukan surat yang gue kasi ke pak presiden, tapi buku diary butut ini yang bakal gue kasi langsung ke pak presiden. Syukurnya nih diary isinya curhatan tentang kerasnya hidup di indonesia. Gue tulis semua yang terjadi dan yang gue tonton hari ini.
.......................................

“Bukan lautan tapi kolam susu... padi dan jagung cukup tuk menghidupi-mu...
Tiada badai tiada topan kau temui... ikan dan udang menghampiri dirimu...
Orang bilang tanah kita tanah surga... (*dan selanjutnya author lupa lirik, cekikikkikikkk...)”

Suara pengamen cilik yang cempreng agak serak-serak becek(?) terdengar begitu cetaarrr membahana badai topan puyuh ombak tsunami menggelegar mengguncang dunia seakan bersaing dengan suara deru mesin dan getaran metromini rombeng yang dibawa ngebut oleh sang sopir yang mengantarkan gue menuju kampus. Ini membuat inspirasi gue untuk curcol di diary butut gue yang tebelnya lebih daripada kitab suci ini harus rela dicoret-coret lagi sama gue. Inilah wajah ibukota. Jekardah... kota metropolitan yang sekseehh dengan 1001 jenis kemacetannya dan paling terkenal top karena banjirnya. Polusi udara dan polusi suara yang dihasilkan dari klakson segala macam kendaraan pribadi ataupun angkot, mikrolet, kopaja, metromini, ojek, bajaj, busway atau bus mayasari bakti seperti bukan pemandangan yang asing lagi bagi para masyarakat kota jekardah. Akhirnya, gue sampai juga di kampus gue dibilangan rawamangun, jekardah timur. Ya, inilah kampus gue, universitas negeri jekardah gedung fakultas sosial. Gue duduk di bangku kebesaran gue diruang kelas. Gue baca koran pagi yang ngebahas seputar mahasiswi UI yang loncat dari angkot. Yaa... sebenarnya sudah agak lama berita tentang pemerkosaan didalam angkot santer terdengar. Gak hanya mahasiswi, mbak-mbak kantoran bahkan sampe emak-emak pun juga jadi korban. Gue miris! Gue sebagai manusia yang terlahir menjadi seorang perempuan merasa hak dan martabat wanita direndahkan! Wanita diciptakan bukan hanya jadi pemuas nafsu bung! Bukan juga diciptakan untuk disiksa. Coba ingat, jikalau gak ada perempuan didunia ini, laki-laki semuanya bakalan jadi HOMO! Setuju kagak lo cewek-cewek? Perempuan diciptakan emang dari tulang rusuk laki-laki, tapi apa perempuan harus selalu dijadikan barang yang diperjual-belikan? Wanita bukan barang dagangan! Dikata perempuan itu kue cucur ape dijual? Kalo gak ada perempuan, kita gak bisa lahir, kita gak bisa idup, tau!  Bukan seenak jidad aja cowok-cowok ngatain perempuan itu racun dunia! Salah besar itu! Bahkan kalo ada berita tentang pemerkosaan diangkot kek begini nih, yang disalahin pasti wanita. Entah katanya si wanitanya lah yang berpakaian mengundang birahi segala macem. Emang iya juga sih sebenernya, gak akan ada asap kalo gak ada api. tapi yang laki-laki juga salah! Kalo dia punya iman pasti dia bisa ngendaliin diri dong? Emang manusia jaman sekarang mah emang udah bejat semua! Nilai moral udah nol! Biar dikata pemerintah udah bikin fasilitas kereta khusus prempuan juga kagak ngepek. Akhirnya, gue kembali dapet wangsit dan tangan gue seperti tergerak untuk kembali curcol di diary butut gue. Seperti inilah kira-kira curhatan gue ;

Jakarta, 01 maret 2013. My dear diary....

“sayang, hari ini aku miris deh. Hatiku menjerit. Mataku menangis. Tak kuasa aku membaca koran pagi hari ini yang terpampang nyata tentang kekerasan terhadap wanita. Kamu tau kan sayang, aku sebagai sesama wanita bisa merasakan apa yang mereka rasakan? Wanita sering dijadikan budak nafsu, bahan eksploitasi dan blablabla.... aku sedih diary... aku sedihh... padahal, wanita itu makhluk yang suci yang diciptakan dengan martabat yang tinggi. Wanita itu seharusnya untuk dilindungi, bukan untuk disakiti kan diary? Bahkan kementerian pemberdayaan perempuan kayak gak keliatan kinerjanya. Aku sedih diary jika wanita harus begini terus-terusan. Aku gak kuat diary... aku pengen nangis (T_T).

Your beloved :
Liliyana
............................

Sudah hampir beberapa bulan dan gue udah nyelesain surat curcol yang bakalan gue kasi buat pak presiden. Diary gue udah penuh dengan segala macam bentuk unek-unek dan kritikan-kritikan buat pak presiden dan para menterinya. Ini saatnya gue kirim buku diary butut gue ke istana negara lewat JNE. Gue bungkus dengan rapi ahmad diary butut gue agar terlihat lebih interesting buat dibaca sama pak presiden. Tekad gue udah bulat, mental udah siap. Gue cari alamat istana negara lewat google maps. Yaa... tinggal tunggu aja beberapa hari sampai diary butut gue dibaca sama pak presiden. Semoga diary gue bikin dia tersentuh dan jangan dibuang ke lobang WC, ammiiiiinnn....
..............................

@istana negara. Author pov.
siang itu, seperti biasa gedung istana negara nampak adem ayeemm tanpa beban. Disebuah ruangan, duduklah orang nomor satu di indonesia. Ya, dialah raja di negeri ini. Pak presiden susilo tontowi yudoyono. Duduk santai sambil main rubik di ruangannya yang luas bak 10 kali luas lapangan futsal.

“pak presiden.... pak presideeenn.... ada paket untuk bapak? Kayaknya sih sebuah buku pak.” Jawab salah seorang paspampres yang menyerahkan diary dari liliyana yang ia kirim beberapa bulan lalu.

“dari sopo iku mas? Jangan-jangan iku BOM BUKU maaaassss........” jerit sang presiden susilo tontowi yudoyono teriak-teriakan pecicilan.

“tenang ae toh pak, iku ojo bom buku keneh. Iku buku ngoyo kitab suci tebel tenan lho pak.” Jelas si paspamres dengan bahasa jawa medok.

“kadieu... kadieu... abdi teh mo baca...” jawab sang presiden yang kali ini berbahasa sunda sambil menarik paket buku diary dari liliyana.

Dengan hati-hati pak presiden buka bungkusan milik liliyana. Doi tentu aja kaget, karena selama menjabat sebagai presiden, gak ada fans-nya eeh... rakyatnya yang ngasi dia kitab suci. Perlahan, pak presiden membaca semua curahan hati milik liliyana. Ia baca dan ia hayati kata demi kata yang ditulis oleh salah satu rakyatnya diantara 250 juta rakyatnya seluruh nusantara. Sang presiden sedikit terharu sambil menitikkan air matanya saat membaca curahan hati liliyana. Ada satu kalimat yang membuat pintu hatinya terketuk. Kira-kira seperti ini... ;

pak presiden, saya dan masyarakat indonesia lainnya itu bosan pak hidup seperti ini terus. korupsi anak buah bapak yang terus menerus seperti tak kunjung berakhir, sedangkan kami yang miskin malah semakin miskin. Bapak tau gak sih, keluarga saya udah gak bisa makan daging lagi setelah daging impor mahal dikorupsi juga. Alhasil saya makan daging Cuma 2 kali setahun pak, pas lagi lebaran haji sama lebaran idul fitri doang. Jujur pak, saya bosen makan tempe mendoan sama sayur asem terus. gimana IQ kita kagak pada jongkok pak kalo makanannya kek begitu? Belum lagi ayah saya yang di pensiunin dini sebelum waktunya. Lapangan pekerjaan yang udah mulai sempit. Saya Cuma mahasiswa biasa pak. Mohon dengan sangat bapak bisa membuat perubahan yang terjadi di indonesia ini pak, coz masa jabatan bapak tinggal 1 tahun lagi lho... saya harap ada gebrakan kecil dari bapak untuk mengatasi masalah kemiskinan, kejahatan, dan lain sebagainya. Saya aja harus kerja part time di rumah makan pak buat nambah-nambah penghasilan keluarga. Semoga dengan surat curahan hati saya ini bisa mengetuk pintu hati bapak.”

Hormat saya :
Liliyana natsir.
..................................

“lho pak, ngopo sampeyan nangis pak?” tanya paspampresnya pak presiden.

“ora’ popo toh le’, bapak iki Cuma tersentuh sama diary punya dek liliyana ini. Uwweeesss lah le’, kirim diary iku ke penerbit. Dijual iku pasti laku di gramedia. Jadi dia bisa punya duit penghasilan. Sogok aja penerbit gramedia-nya, kalo saya yang nyuruh untuk diterbitkannya buku ini. Pokoknya kalau buku ini terbit, harus bisa jadi buku best seller.” Jawab pak presiden.
...................................

Liliyana’s pov :
Beberapa bulan setelah gue kirim diary butut gue. Gue tetap ngelanjutin hidup gue seperti biasa. Gue lagi ngerjain tugas, tiba-tiba vita, temen gue nyamperin meja gue.

“gila lo yan! Sejak kapan lo nerbitin buku?? Sumpah, buku lo ini keren banget. Gue kemaren pas jalan-jalan ke gramedia matraman ngeliat ada buku baru diluncurin. Dan penulisnya itu lo! LILIYANA NATSIR! Kok lo gak bilang-bilang sih kalo nerbitin buku? Sumpeh, buku lo tuh bener-bener fakta banget. Judulnya aja “SURAT KECIL UNTUK RAJA NEGERIKU” keren loe yan...” puji vita abis-abisan.

“haaahhh?? Kapan gue nerbitin buku? Gue juga belom ada ke gramed lagi. Gue gak percaya.” Jawab gue yang masih aja gak percaya.

“gak percaya? Baca sendiri dehh... gue yakin kok ini gaya bahasanya elo banget.” Jawab vita yang nyodorin buku itu ke gue.

Setelah gue baca kata demi kata di novel itu, ya! Ini isi diary yang gue tulis buat pak presiden! Tapi siapa yang nerbitin? Tapi pengarangnya gue. Tiba-tiba ada seorang paspampres dateng ke kampus gue buat nyariin gue. Katanya pak presiden mau ketemu sama gue? Hhaaahh... sumpe lo?? Ciuusss? Dan kenyataannya memang serius. Gue diajak ke istana negara dan bertemu langsung sama pak presiden susilo tontowi yudoyono. Gue lihat doi lagi asyik main rubik. Oohhh... jadi pressiden itu kerjaannya kek begindang yee?? Maen rubik enak-enakan sedangkan rakyatnya kelaperan, anak buahnya pade korupsi.

“aahh... jadi sampeyan toh yang jenengne liliyana natsir? Yang ngirimi saya buku diary sampeyan iku?” tanya pak presiden ke gue.

Sumpah! Ini pertama kali gue liat pak presiden dan diajak ngobrol langsung sama doi.

“ii.... iiiyyaa pak.” Jawab gue gugup.

“diary mu iku menyentuh lho nduk, makanya saya suruh paspampres saya untuk bawa diary kamu ini ke penerbit. Saya ingin ini jadi buku fenomenal dan best seller sepanjang masa. Nah, sebagai apresiasi saya untuk sampeyan, saya kasi bintang jasa buat sampeyan. Saya menghargai keberanian sampeyan untuk mengirimi saya surat curahan hati sampeyan tentang kepemerintahan saya. Nah, ini juga ada kartu rekening buat sampeyan. Duit royaltinya gak ada yang dipotong, itu semua bersih buat sampeyan semua.” Jawab pak presiden.

“cciiuuss pak?? Owwaaallllaahh... matur nuwun pak...” jawab gue sambil salam-salaman sama pak presiden persis kayak orang lagi lebaranan.

Dan akhirnya, surat curcol liliyana kini sudah didengar oleh penguasa negeri ini. Semoga negeri ini bisa lebih baik kedepannya.

#the end....

©2013, authorized and under licensed by :
Amelia ulfa.

Tidak ada komentar: